Penggunaan Bupanca Untuk Meningkatkan Aktivitas Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Bucu

Authors

  • Budi Prihartini SD Negeri 4 Bucu

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i2.337

Keywords:

Bupanca, Aktivitas, Nilai-Nilai Pancasila

Abstract

Pemanfaatan media sosial menjadi alternatif pembelajaran di era sekarang ini. Namun, faktanya masih ada orang tua yang tidak memiliki gawai. Kondisi tersebut mendorong penulis untuk  berinovasi dalam melakukan pendampingan belajar agar tercapai 3 aspek pembelajaran. Apalagi dalam pembelajaran sering ditemukan penyimpangan sikap oleh siswa, yangmana sikap-sikap tersebut dapat dikelompokkan menurut sila-sila Pancasila. Mengatasi permasalahan tersebut, penulis sebagai guru kelas V SD Negeri 4 Bucu mengembangkan buku aktivitas belajar bermuatan nilai-nilai Pancasila dengan akronim Bupanca. Bupanca bertujuan untuk mendampingi dan memantau aktivitas nilai-nilai Pancasila. Fokus permasalahan pada efektivitas penggunaan Bupanca kompetensi sikap. Metode penelitin ini menggunakan R n D model ADDIE. Bupanca berisi 15 aktivitas belajar siswa. Pengisian Bupanca dengan memberikan kode gambar bintang sesuai dengan kondisi riil siswa, sehingga perlu adanya kejujuran dari siswa dan juga orang tua. Bupanca dinilai efektif apabila diketahui adanya peningkatan kesadaran/kemandirian siswa dalam melakukan aktivitas belajar.  Berdasarkan hasil data diperoleh adanya penurunan hal ini dimungkinkan adanya rasa jenuh. Namun, koordinasi dan kolaborasi yang baik dengan orang tua terdapat peningkatan pencapaian yang ditunjukkan kenaikan persentase pada kolom bintang 3 sebesar 61,57% berategori efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan Bupanca efektif memantau nilai-nilai pancasila pada siswa kelas V SD Negeri 4 Bucu. Pihak sekolah dan orangtua sebaiknya membiasakan mendorong kemunculan perilaku siswa yang diharapkan. keberlangsungan pembiasaan pada pembelajaran proses yang dibiasakan dapat menjadi sarana untuk memberikan output dan outcomes yang maksimal.

References

Dlamini, R. (2022). Digital Equity in Schools: A Multilevel Analysis of In-Service Teachers’ Technological Knowledge Competencies. Journal of Educational Studies, 21(2), 40–60.

Fajrin, W. I., Jumari, J., & Hidayat, T. (2023). Pengaruh Digitalisasi Data Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SD Muhammadiyah 2 Denpasar. Faidatuna, 4(1), 73–90.

Grafura, L., & Wijayanti, A. (2019). Spirit Pedagogi di Era Disrupsi. Laksana.

Hariyadi, H., Misnawati, M., & Yusrizal, Y. (2023). Mewujudkan Kemandirian Belajar: Merdeka Belajar Sebagai Kunci Sukses Mahasiswa Jarak Jauh. In BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS.

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 4(1), 343–347.

Kahar, M. I., Cika, H., Afni, N., & Wahyuningsih, N. E. (2021). Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 Di Masa Pandemi Covid 19. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 58–78.

Kamal, M. (2020). Research and Development (R&D) tadribat/drill madrasah aliyah class x teaching materials arabic language. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan, Dan Humaniora, 4(1), 10–18.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa SD Negeri Kohod III. PENSA, 3(2), 243–255.

Permana, P. I., & Alia Nutrisiany Purnomo, S. T. (2021). Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak SMK/MAK Kelas XII. Gramedia Widiasarana Iindonesia.

Rohaeni, S. (2020). Pengembangan sistem pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 menggunakan model ADDIE pada anak usia dini. Instruksional, 1(2), 122–130.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Budi Prihartini. (2024). Penggunaan Bupanca Untuk Meningkatkan Aktivitas Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Bucu. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 79–84. https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i2.337

Issue

Section

Articles