Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Program Pembiasaan Disiplin Positif di SD Negeri 2 Pendem
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i2.340Keywords:
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Program, Pembiasaan.Abstract
Profil Pelajar Pancasila merupaka perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Program pembiasaan adalah kegiatan yang dilakukan secara rutinitas oleh peserta didik dalam upaya pembentukan karakter peserta didik dalam mewujudkan dimensi Profil Pelajar Pancasila dan menjadi insan cendekia. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan program pembiasan dalam implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila di SD Negeri 2 Pendem tahun 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa di SD Negeri 2 Pendem. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik penilaian menggunakan analisis interaksi melalui tahapan reduksi data, penyajian data serta penarikan simpulan. Hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa guru dan siswa mampu bersinergi untuk mengotimalkan program pembiasaan yang dilaksanakan di SD Negeri 2 Pendem. Pembiasan tersebut antara lain Senin Suplit, Selasa Jas Syantik, Rabu Bratawali, Kamis Markisa Saso, Jumat Berkah, Sabtu Bersempling. Faktor pendukung pelaksanaan program pembiasaan yaitu komite sekolah, warga sekolah, orang tua. Faktor penghambat dalam program pembiasaan ini antara lain perbebdaan latar belakang siswa, kurangnya kesadaran siswa serta lingkungan siswa.
References
Ahmadi, M. Z., Haris, H., & Akbal, M. (2020). Implementasi program penguatan pendidikan karakter di sekolah. Phinisi Integration Review, 3(2), 305–315.
Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital. Bintang, 2(1), 35–48.
Asrijanty. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 6.
Aziz, R., Sidik, N. A. H., Trimansyah, T., Khasanah, N., & Yulia, N. M. (2020). Model suasana kelas yang mensejahterakan siswa tingkat pendidikan dasar. Mediapsi, 6(2), 94–101.
Dayanti, R. (2023). Pengembangan Kurikulum Ipa Mi/Sd (Analisis Pola Perumusan Kebijakan Kurikulum 2013). Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(3), 90–101.
Espinosa, G. G. (2023). En búsqueda del simbolismo implícito en el Himno Institucional. Revista de Identidad Universitaria, 1(22), 18–22.
Hastiani, H., Sulistiawan, H., & Isriyah, M. (2023). Sosialisasi Pentingnya Kolaborasi Orang Tua Dalam Mendukung Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(1), 31–35.
Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2020). Analisis kebijakan penguatan pendidikan karakter dalam mewujudkan pelajar pancasila di sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84.
Jerome, L., & Kisby, B. (2022). Lessons in character education: incorporating neoliberal learning in classroom resources. Critical Studies in Education, 63(2), 245–260.
Jordan, K. E. (2023). Integrating character education and the values aspect of environmental and sustainability education: an interdisciplinary study exploring common ground, tensions, and feasibility. Environmental Education Research, 29(3), 489–490.
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila", dalam jurnal pendidikan karakter. Universitas IKIP Palembang.
Kharisma, M. E., Faridi, F., & Yusuf, Z. (2023). Penanaman karakter gotong royong berbasis p5 di smp muhammadiyah 8 batu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1152–1161.
Kurniawan, T., & Wijarnako, B. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam menumbuhkan motivasi kewirausahaan pada siswa kelas VII SMP N 1 Kalikajar. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 9(1), 1–23.
Marampa, E. R. (2021). Peran Orangtua Dan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Kerohanian Peserta Didik. SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(2), 100–115.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.
Masruroh, F., & Ramiati, E. (2022). Pembentukan Karakter Gemar Membaca Pada Anak Usia Dini Melalui Media Buku Cerita Bergambar. INCARE, International Journal of Educational Resources, 2(6), 576–585.
McGrath, R. E., Han, H., Brown, M., & Meindl, P. (2022). What does character education mean to character education experts? A prototype analysis of expert opinions. Journal of Moral Education, 51(2), 219–237.
Metcalfe, J., Kristjánsson, K., & Peterson, A. (2023). Exploring religious education teachers’ perspectives on character development and moral virtues, in state-funded, non-faith schools in England. Journal of Beliefs & Values, 1–18.
Muzakkir, Hussin, Z., & Razak, R. A. (2022). Teachers’ beliefs towards character education curriculum in primary school: a systematic literature review. International Journal of Primary, Elementary and Early Years Education, 3(13), 1–15.
Pridayani, M., & Rivauzi, A. (2022). Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter Religius Terhadap Siswa. An-Nuha, 2(2), 329–341.
Rusiadi, R. (2023). Penerapan Metode Pembiasaan Dalam Menanamkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Umur 5-6 Tahun. JURNAL PENDIDIKAN DAN KEGURUAN, 1(9), 846–857.
Solihat, D., Darmiyanti, A., & Ferianto, F. (2022). Penerapan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan di SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 21(2), 197–208.
Spohrer, J. (2021). Spohrer, J. (2021). Service innovation roadmaps and responsible entities learning. In ITM Web of Conferences, 28(p. 01001), EDP Sciences.
Sukmawati, H. (2021). Komponen-komponen kurikulum dalam sistem pembelajaran. Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 7(1), 62–70.
Suttrisno, S. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Alat Peraga Ips Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 77–90. https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.77-90
Suttrisno, S., Yulia, N. M., & Fithriyah, D. N. (2022). Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 3(1), 52–60.
Zuchron, D. (2021). Tunas Pancasila. Direktorat Sekolah Dasar Dirjen PAUD, Dikdas Dan Dikmen Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 1–96.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ely Kusrini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.