Implementasi Aplikasi “Pusaka” dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i1.353Keywords:
Aplikasi Pusaka, Kedisiplinan, Presensi Digital, Tenaga Pendidik dan KependidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep, tata cara pengelolaan, dan kendala pada aplikasi pusat layanan keagamaan (PUSAKA) dalam implementasinya di MAN 3 Madiun, serta untuk memahami standar kompetensi yang harus dimiliki oleh tenaga pendidik dan kependidikan agar tetap dapat mengikuti perkembangan zaman. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data diperoleh dari para tenaga pendidik dan kependidikan di MAN 3 Madiun, serta dari sumber-sumber yang telah dipublikasikan seperti artikel jurnal dan buku yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi PUSAKA, yang disediakan oleh Kementerian Agama, berisi berbagai fitur online terkait keagamaan, termasuk presensi yang dapat diakses oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) seperti tenaga pendidik dan kependidikan di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Implementasi aplikasi PUSAKA di MAN 3 Madiun mampu meningkatkan kedisiplinan tenaga pendidik dan kependidikan dengan merekam kehadiran dan ketidakhadiran secara akurat. Presensi menggunakan aplikasi PUSAKA menghasilkan data yang lebih akurat dibandingkan dengan presensi manual, karena tidak dapat diwakilkan oleh orang lain dan hanya dapat diakses di lingkungan sekolah. Namun, masih terdapat beberapa kendala internal dan eksternal yang perlu dievaluasi kembali. Dengan menerapkan presensi menggunakan aplikasi PUSAKA, diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan tenaga pendidik dan kependidikan di MAN 3 Madiun dan di sekolah-sekolah lainnya. Hal ini diharapkan dapat membantu sekolah dalam mencapai visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan.
References
Ahfas, Harun, C. Z., & Ibrahim, S. (2018). Peningkatan Kinerja Tenaga Kependidikan Melalui Implementasi Absensi Sidik Jari. Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah, 6(4), 192–197.
Darpin, Taufik, & Muhammad Fikran. (2023). Analisis Penerapan Hybrid Working dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Pegawai Pada Dinas Koperasi & UMKM Provinsi Sulawesi Tenggara. Journal Publicuho, 5(4), 1415–1426. https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i4.75
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Gat. (2016). Integrasi Fingerprint System dengan Real Time Absensi Dosen Berbasis WEB (Studi Kasus: STMIK Pontianak). Cogito Smart Journal, 2(2), 135–146.
Halizah, P. D., Mustofa, Z., & Mukminin, A. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Audio Visual Sebagai Upaya Menarik Minat Belajar Siswa PAI dalam Pembelajaran Daring di SMPN 1 Lembeyan. JURNAL PAI: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 2(1), 59–72.
Innayah, A., Mustofa, Z., & Mukminin, A. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Siswa Melalui Program Kelas Keterampilan TKR (Tata Kecantikan Kulit dan Rambut) Dan TOKR (Teknik Otomotif dan Kendaraan Ringan) di MAN 2 Ngawi. Jurnal Tawadhu, 7(1), 24–32.
Ismail, V. Y., & Sekarsari, M. (2022). Produktivitas Remote Working: Adaptasi Karyawan Terhadap Technostress dan Work Life Balance. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(7), 1015–1025.
Kelrey, A. R., & Muzaki, A. (2019). Pengaruh Ethical Hacking Bagi Keamanan Data Perusahaan. CyberSecurity dan Forensik Digital, 2(2), 77–81.
Khasanah, M., & Antariksa, W. F. (2021). Implementasi Presensi Elektronik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Guru dan Pegawai di Sekolah Dasar Islam. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(2), 221–236. https://doi.org/10.35719/jieman.v3i2.82
Manan, M. A., & Mahmudi. (2022). Analisa Fingerprint dan Implementasi Kebijakan Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMK Ibrahimy 1 dan MTs Salafiyah Syafi’iyah Putra Sukorejo. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 91–100.
Martini, R., Agustin, R., Fairuzdita, A., & Murinda, A. N. (2019). Pengelolaan Keuangan Berbasis Aplikasi Sistem Keuangan Desa. JPKM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 25(2), 69–74.
Minanti, A. A., Mukminin, A., & Mustofa, Z. (2023). Analisis Nilai Ketauhidan Pada Kitab Aqidatul Awam dalam Meningkatkan Ketaqwaan di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in. Al-Miskawaih: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 18–30.
Ramadhan, Muhammad. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara (CMN).
Mustofa, Z., Arifatuzzahro, A., Nazira, A., Wahyuni, R. D., & Mukminin, A. (2023). Pengaruh Penerapan Artificial Intellegence Pada Kehidupan Masyarakat di Indonesia. Lisyabab: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 4(1), 106–116. https://doi.org/10.58326/jurnallisyabab.v4i1.184
Radinal, W. (2021). Pengembangan Kompetensi Tenaga Pendidik di Era Disrupsi. AL FATIH Jurnal An-Nur, 1(1), 9-22.
Rahman, T., Sumarna, & Nurdin, H. (2020). Analisis Performa RouterOS MikroTik pada Jaringan Internet. JURNAL INOVTEK POLBENG, 5(1), 178–192.
Sekjen Kemenag. (2023). Penerapan Aplikasi PUSAKA. Kementerian Agama Republik Indonesia Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan.
Marlina, S., Sherli, N., & Iswantir. (2022). Pengaruh Kompetensi Tenaga Pendidik Terhadap Kualitas Pendidikan Madrasah di Sumatera Barat. Al-fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 91. https://doi.org/10.54396/alfahim.v4i1.249
Susanti, R., Amelia, D. T., Damaiyana, F., & Bernadine, O. R. (2021). Produktivitas Kerja Saat Work from Home (WFH) dan Work from Office (WFO) pada Dosen FKM Universitas Mulawarman di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 13(1), 28–33. https://doi.org/10.52022/jikm.v13i1.172
Suzana, D., & Siagian, H. L. (2022). Dampak Work from Home, Work from Office dan Hybird Working terhadap Motivasi Kerja Karyawan. Journal of Telenursing (JOTING), 4(2), 546–553. https://doi.org/10.31539/joting.v4i2.4230
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zamzam Mustofa, Mustofa Aji Prayitno, Levi Nur Alfiah, Lailatun Irma Afifah, Kikit Dwi Monika Sari, Kurniawan Azis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.