Dasar Psikologi Pendidikan Sebagai Penentu Arah Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i2.341Keywords:
Dasar, Psikologi, Penentu, BelajarAbstract
Psikologi pendidikan (educational psychology) adalah studi mengenai tingkah laku manusia dalam kegiatan belajar dan pembelajaran, dan penerapan konsep dan teoriteori psikologi dalam kegiatan belajar/pendidikan. Tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui bahwa pendidikan psikologi adalah cabang psikologi yang bertujuan untuk mempelajari karakteristik perilaku dan perkembangan individu di bidang pendidikan. Metode yang digunakan adalah metode kepustakaan yang berisi teori-teori yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas. Hasil penelitian Pendidikan psikologi digunakan untuk memahami siswa sebagai siswa dan guru sebagai guru. Psikologi pendidikan penting dalam bidang pendidikan, karena dengan bantuan psikologi pendidikan aktivis pendidikan dapat menentukan sikap terhadap perilaku masyarakat di bidang pendidikan. Psikologi pendidikan juga dipertimbangkan ketika merencanakan pendidikan, melaksanakan pendidikan dan menentukan tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, setiap guru atau pelatih harus mencari teori belajar yang sesuai dengan sifat masing-masing siswa. Kontribusi penelitian ini dapat membantu guru atau pelatih untuk melatih dan memberikan ilmu kepada siswa atau peserta didik.References
Adriansyah, R., Ma’shum, H. S., & Permana, H. (2022). Analisis Aliran-Aliran Pemikiran Dalam Pendidikan Islam. Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 29–34.
Alhabsyi, M. (2020). Teori Konvergensi Dalam Prespektif Pendidikan Islam Kajian Perkembangan Kepribadian Dalam Rangka Pembangunan Sumberdaya Penegak Hukum Di Indonesia. Qaumiyyah: Jurnal Hukum Tata Negara, 1(2), 142–160.
Bustari, M., & Putri, M. R. N. (2023). Opportunities and Challenges of Kurikulum Merdeka Implementation at Sekolah Alam Bukittinggi. Experimental Student Experiences, 1(6), 536–544.
Fauzian, R. (2020). Pengantar Psikologi Perkembangan. CV Jejak (Jejak Publisher).
Fitri, Y. (2020). Implementasi Penerapan Teori Konstruktivisme Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 3(4), 1300–1307.
Hami, W. (2021). Pendidikan dan Pengajaran dalam Al-Qur’an. Madaniyah, 11(2), 151–162.
Huda, M., Fawaid, A., & Slamet, S. (2023). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 64–72.
Karundeng, A., Wonggo, D., & Parinsi, M. T. (2021). Analisis pembelajaran jaringan dasar di sekolah menengah kejuruan. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(2), 151–163.
Mustadi, A., Dwidarti, F., Ariestina, H., Elitasari, H. T., Darusuprapti, F., Asip, M., & Ibda, H. (2021). Bahasa dan Sastra Indonesia SD berorientasi kurikulum merdeka. UNY Press.
Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology Humanlight, 2(1), 31–47.
Rahmat, P. S. (2021). Psikologi pendidikan. Bumi Aksara.
Rohanah, L., Mirawati, M., & Anwar, W. S. (2020). Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 139–143.
Sabrina, F. F., Darmiyanti, A., & BK, M. T. (2020). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Guru. Idaarah, 4(2), 239–248.
Sagala, S. M., Heriadi, M., Ababiel, R., & Nasution, T. (2022). Pendidikan Sejarah serta problematika yang dihadapi di masa kini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1918–1925.
Saifuddin, A. (2022). Psikologi Umum Dasar. Prenada Media.
Sari, S. Y., Nugroho, A. D., & Purnama, M. D. I. (2021). Implementasi Teori Belajar Humanistik Dalam Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 19–26.
Yusup, A., & Herdiana, D. (2024). Rancangan Pembelajaran Berlandaskan Tiga Teori Kognitif (Piaget, Bruner, Dan Vygotsky). Journal Of Education, 1(016), 1–9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kartika Dwi Pratiwi, Binti Maunah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.