Dasar Psikologi Pendidikan Sebagai Penentu Arah Pembelajaran

Authors

  • Kartika Dwi Pratiwi Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Binti Maunah

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i2.341

Keywords:

Dasar, Psikologi, Penentu, Belajar

Abstract

Psikologi pendidikan (educational psychology) adalah studi mengenai tingkah laku manusia dalam kegiatan belajar dan pembelajaran, dan penerapan konsep dan teoriteori psikologi dalam kegiatan belajar/pendidikan. Tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui bahwa pendidikan psikologi adalah cabang psikologi yang bertujuan untuk mempelajari karakteristik perilaku dan perkembangan individu di bidang pendidikan. Metode yang digunakan adalah metode kepustakaan yang berisi teori-teori yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas. Hasil penelitian Pendidikan psikologi digunakan untuk memahami siswa sebagai siswa dan guru sebagai guru. Psikologi pendidikan penting dalam bidang pendidikan, karena dengan bantuan psikologi pendidikan aktivis pendidikan dapat menentukan sikap terhadap perilaku masyarakat di bidang pendidikan. Psikologi pendidikan juga dipertimbangkan ketika merencanakan pendidikan, melaksanakan pendidikan dan menentukan tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, setiap guru atau pelatih harus mencari teori belajar yang sesuai dengan sifat masing-masing siswa. Kontribusi penelitian ini dapat membantu guru atau pelatih untuk melatih dan memberikan ilmu kepada siswa atau peserta didik.

References

Adriansyah, R., Ma’shum, H. S., & Permana, H. (2022). Analisis Aliran-Aliran Pemikiran Dalam Pendidikan Islam. Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 29–34.

Alhabsyi, M. (2020). Teori Konvergensi Dalam Prespektif Pendidikan Islam Kajian Perkembangan Kepribadian Dalam Rangka Pembangunan Sumberdaya Penegak Hukum Di Indonesia. Qaumiyyah: Jurnal Hukum Tata Negara, 1(2), 142–160.

Bustari, M., & Putri, M. R. N. (2023). Opportunities and Challenges of Kurikulum Merdeka Implementation at Sekolah Alam Bukittinggi. Experimental Student Experiences, 1(6), 536–544.

Fauzian, R. (2020). Pengantar Psikologi Perkembangan. CV Jejak (Jejak Publisher).

Fitri, Y. (2020). Implementasi Penerapan Teori Konstruktivisme Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 3(4), 1300–1307.

Hami, W. (2021). Pendidikan dan Pengajaran dalam Al-Qur’an. Madaniyah, 11(2), 151–162.

Huda, M., Fawaid, A., & Slamet, S. (2023). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 64–72.

Karundeng, A., Wonggo, D., & Parinsi, M. T. (2021). Analisis pembelajaran jaringan dasar di sekolah menengah kejuruan. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(2), 151–163.

Mustadi, A., Dwidarti, F., Ariestina, H., Elitasari, H. T., Darusuprapti, F., Asip, M., & Ibda, H. (2021). Bahasa dan Sastra Indonesia SD berorientasi kurikulum merdeka. UNY Press.

Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology Humanlight, 2(1), 31–47.

Rahmat, P. S. (2021). Psikologi pendidikan. Bumi Aksara.

Rohanah, L., Mirawati, M., & Anwar, W. S. (2020). Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 139–143.

Sabrina, F. F., Darmiyanti, A., & BK, M. T. (2020). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Guru. Idaarah, 4(2), 239–248.

Sagala, S. M., Heriadi, M., Ababiel, R., & Nasution, T. (2022). Pendidikan Sejarah serta problematika yang dihadapi di masa kini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1918–1925.

Saifuddin, A. (2022). Psikologi Umum Dasar. Prenada Media.

Sari, S. Y., Nugroho, A. D., & Purnama, M. D. I. (2021). Implementasi Teori Belajar Humanistik Dalam Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 19–26.

Yusup, A., & Herdiana, D. (2024). Rancangan Pembelajaran Berlandaskan Tiga Teori Kognitif (Piaget, Bruner, Dan Vygotsky). Journal Of Education, 1(016), 1–9.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Kartika Dwi Pratiwi, & Binti Maunah. (2024). Dasar Psikologi Pendidikan Sebagai Penentu Arah Pembelajaran. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 93–105. https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i2.341

Issue

Section

Articles