Dasar-dasar Histori Pendidikan di Indonesia

Authors

  • Dinda Enjel Hardika UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Binti Maunah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i2.336

Keywords:

Dasar historis, Pendidikan, Sistem, Kebijakan

Abstract

Pendidikan di Indonesia sudah ada pada zaman dahulu, kemudian dilanjutkan dengan pengaruh kepercayaan Hindu dan Budha, pengaruh masa Islam dan pendidikan pada masa kemerdekaan. Tujuan penelitian ini membahas tentang dasar historis Pendidikan di Indonesia dari zaman agama islam sampai pada zaman orde baru tentang bagaimana perkembanganya dan kendala Pendidikan di Indonesia pada zaman tersebut. Pada penelitian ini menggunakan metode kepustakaan dengan mengumpulkan atau mengekplorasi beberapa jurnal, buku dan dokumen-dokumen (baik yang berbentuk cetak maupun yang elektronik) serta sumber-sumber data dan/atau informasi lainya yang dianggap relevan dengan penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan empat langkah analisis literatur, yaitu pengumpulan data, reduksi/penyaringan data, klasifikasi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pendidikan dari satu zaman ke zaman lain memiliki perkembangan dan pengaruh yang berbeda satu sama lain (2) Tujuan pendidikan pada zaman Portugis adalah untuk menyebarkan agama Katolik (3) Pada masa Kerajaan dan agama Islam, tujuan pendidikan adalah menjadikan manusia bertakwa kepada Allah (4) kebijakan pendidikan pada masa penjajahan Belanda dimulai dengan penyebaran agama dan jepang dimulai dengan berdirinya pondok pesantren dan madrasah (5) pada era pergerakan nasional pendidikan dimasukkan dalam program perjuangan (6) Pendidikan pada masa orde lama dimulai dengan Pasal 30 UUD RI Tahun 1950 (7) Pada masa Orde Baru, pemerintah dapat membuat kebijakan Pendidikan (8) pada masa reformasi terjadi perubahan kurikulum Pendidikan untuk siswa.

References

Handito, T., & Stiawan, B. (2023). Petuah Bijak Ki Hadjar Dewantara dalam Laku Pendidikan Kumpulan Essai Reflektif dan Praktik Baik. Deepublish.

Hudaidah, H., & Karwana, M. A. P. (2022). PENDIDIKAN DI INDONESIA MASA PENDUDUKAN JEPANG. Danadyaksa Historica, 1(2), 97–104.

Masyhudi, F. (2023). Kebijakan Pemerintah Orde Lama, Orde Baru, dan Era Reformasi Terhadap Pendidikan Islam. Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 291–298.

Meinarno, E. A., Widianto, B., & Halida, R. (2024). Manusia dalam Kebudayaan dan Masyarakat: Pendekatan Antropologi dan Sosiologi. Penerbit Salemba.

Muthoharoh, M. (2021). Historis Pendidikan Islam serta Upaya Penguatannya dalam Sistem Pendidikan Nasional. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 28(1), 1–14.

Riska, R., & Hudaidah, H. (2021). Sistem Pendidikan di Indonesia Pada Masa Portugis dan Belanda. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 824–829.

Saifudin, A. (2022). Sejarah Dan Paradigma Kebijakan Kurikulum Pendidikan Islam di Indonesia. JIEM: Journal Of Islamic Education and Management, 2(2), 1–13.

Saifudin, S., & Saepuddin, D. (2020). Pengaruh kolonialisme Jepang terhadap pendidikan Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 164–177.

Saputra, F. (2021). Sejarah pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam di Indonesia. Al-Hikmah (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 3(1), 98–108.

Sholeha, S. (2021). PENDIDIKAN INDONESIA PADA MASA PENDUDUKAN JEPANG (1942-1945). Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Metro.

Stroomberg, J. (2018). Hindia Belanda 1930. IRCiSoD.

Yusuf Perdana, Y. P., & Rinaldo, A. P. (2022). Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia. Penerbit Lakeisha.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Hardika, D. E., & Binti Maunah. (2024). Dasar-dasar Histori Pendidikan di Indonesia. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 64–78. https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i2.336

Issue

Section

Articles