Analisis Kritis Atas Etos Kerja Guru di Masa New Normal dalam Upaya Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik di SMPN 2 Klangenan

Authors

  • Tri Intan Febriany Syekh Nurjati State Islamic Institute Cirebon
  • Septi Gumiandari

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i3.347

Keywords:

etos kerja guru, new normal, karakter disiplin peserta didik

Abstract

Seperti listrik yang alirannya terputus, dunia pendidikan Indonesia sempat padam sejak munculnya
pandemi Covid-19. Pembelajaran konvensional tatap muka mulai digantikan dengan teknologi. Guruguru yang terbiasa dengan kegiatan belajar yang membiasakan siswa hadir di kelas, kini harus
beradaptasi dengan kehidupan yang serba digital. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui
untuk mengelaborasi bagaimana etos kerja guru pada masa new normal di SMPN 2 Klangenan. Selain
itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi apa saja upaya guru dalam meningkatkan
karakter disiplin siswa tingkat SMPN 2 Klangenan. Metode penelitian yang diambil oleh peneliti adalah
metode penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data yang
sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan cara mereduksi, men-display, dan memberikan
kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah etos kerja guru di SMPN 1 Klangenan dapat ditinjau melalui
keahlinan interpersonal, inisiatif, dan dapat diandalkan. Sementara itu, upaya yang diberikan guru
dalam meningkatkan karakter disiplin peserta didik dapat diterapkan dengan cara memberikan pujian,
hadiah, teguran, dan sanksi.

References

Amma, T., As’ari, E., & Syaikhoni, Y. (2020). Implementasi Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kerjasama Sekolah Dan Orang Tua. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 101–123.

Anwar, A., & Mubin, F. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan MTS Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 147–171. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i3.66

Fadli, M. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

Faruqi, D. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Pengelolaan Kelas. 2(1), 294–310.

Fitriatul Ulya, V., Kurnia R, A. F., Anisah, Z., Studi PGMI, P., Tarbiyah dan Keguruan, F., & Al Hikmah Tuban, I. (2021). PENGUATAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH PADA ERA NEW NORMAL DI MI BAHRUL ULUM BINANGUN SINGGAHAN TUBAN. In Journal of Elementary Education (Vol. 5, Issue 2). https://www.jurnalfai-uikabogor.org/attadib

Hambali, I. (2021). Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Disiplin Peserta Didik. In JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Vol. 4, Issue 1). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Hardiyana, R. (2020). UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI PEMBIASAAN OPENING PAGI DI SMPN 14 KOTA SERANG. Untirta Civic Education Journal, 5(1), 14–31.

Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. COUNSELING FOR ALL: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1). https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Counseling

Hidayah, H. N., & Santoso, B. (2020). Motivasi dan Disiplin Kerja Sebagai Determinan Etos Kerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(2), 202–2013. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008

Husni, I. (2014). HUBUNGAN ETOS KERJA DENGAN KINERJA GURU DI SMK NEGERI 1 LUBUK SIKAPING (Vol. 2, Issue 1).

Komalasari, K. (2021). Aktualisasi Pendidikan Karakter di Era New Normal. Seminar Nasional Pendidikan IPS. http://ejournal.fkip.unsri.ac.id/index.php/semnaspips/index

Lajim, K. (2022). INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI SMP PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 7(1), 14–27.

Mardes, S., Khadijah, K., & Arlizon, R. (2022). Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Era New Normal (Vol. 4). https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/08/pelaksanaan-pembelajaran-tahun

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Sidik, Z., & Sobandi, A. (2018). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 50. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11764

Sidqi, N., & Auliya, P. (2020). Analisis Kesiapan Guru Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Saat Covid-19. Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 137–158.

Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61–71. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.26912

Yuliana, R., Rohmadi, M., & Suhita, R. (2013). DAYA PRAGMATIK TINDAK TUTUR GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. In Sastra Indonesia dan Pengajarannya (Vol. 2, Issue 1).

Downloads

Published

2024-03-01

How to Cite

Tri Intan Febriany, & Septi Gumiandari. (2024). Analisis Kritis Atas Etos Kerja Guru di Masa New Normal dalam Upaya Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik di SMPN 2 Klangenan. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(3), 122–133. https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i3.347

Issue

Section

Articles