Analisis Kritis Atas Etos Kerja Guru di Masa New Normal dalam Upaya Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik di SMPN 2 Klangenan
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i3.347Keywords:
etos kerja guru, new normal, karakter disiplin peserta didikAbstract
Seperti listrik yang alirannya terputus, dunia pendidikan Indonesia sempat padam sejak munculnya
pandemi Covid-19. Pembelajaran konvensional tatap muka mulai digantikan dengan teknologi. Guruguru yang terbiasa dengan kegiatan belajar yang membiasakan siswa hadir di kelas, kini harus
beradaptasi dengan kehidupan yang serba digital. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui
untuk mengelaborasi bagaimana etos kerja guru pada masa new normal di SMPN 2 Klangenan. Selain
itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi apa saja upaya guru dalam meningkatkan
karakter disiplin siswa tingkat SMPN 2 Klangenan. Metode penelitian yang diambil oleh peneliti adalah
metode penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data yang
sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan cara mereduksi, men-display, dan memberikan
kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah etos kerja guru di SMPN 1 Klangenan dapat ditinjau melalui
keahlinan interpersonal, inisiatif, dan dapat diandalkan. Sementara itu, upaya yang diberikan guru
dalam meningkatkan karakter disiplin peserta didik dapat diterapkan dengan cara memberikan pujian,
hadiah, teguran, dan sanksi.
References
Amma, T., As’ari, E., & Syaikhoni, Y. (2020). Implementasi Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kerjasama Sekolah Dan Orang Tua. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 101–123.
Anwar, A., & Mubin, F. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan MTS Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 147–171. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i3.66
Fadli, M. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Faruqi, D. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Pengelolaan Kelas. 2(1), 294–310.
Fitriatul Ulya, V., Kurnia R, A. F., Anisah, Z., Studi PGMI, P., Tarbiyah dan Keguruan, F., & Al Hikmah Tuban, I. (2021). PENGUATAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH PADA ERA NEW NORMAL DI MI BAHRUL ULUM BINANGUN SINGGAHAN TUBAN. In Journal of Elementary Education (Vol. 5, Issue 2). https://www.jurnalfai-uikabogor.org/attadib
Hambali, I. (2021). Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Disiplin Peserta Didik. In JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Vol. 4, Issue 1). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Hardiyana, R. (2020). UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI PEMBIASAAN OPENING PAGI DI SMPN 14 KOTA SERANG. Untirta Civic Education Journal, 5(1), 14–31.
Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. COUNSELING FOR ALL: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1). https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Counseling
Hidayah, H. N., & Santoso, B. (2020). Motivasi dan Disiplin Kerja Sebagai Determinan Etos Kerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(2), 202–2013. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008
Husni, I. (2014). HUBUNGAN ETOS KERJA DENGAN KINERJA GURU DI SMK NEGERI 1 LUBUK SIKAPING (Vol. 2, Issue 1).
Komalasari, K. (2021). Aktualisasi Pendidikan Karakter di Era New Normal. Seminar Nasional Pendidikan IPS. http://ejournal.fkip.unsri.ac.id/index.php/semnaspips/index
Lajim, K. (2022). INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI SMP PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 7(1), 14–27.
Mardes, S., Khadijah, K., & Arlizon, R. (2022). Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Era New Normal (Vol. 4). https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/08/pelaksanaan-pembelajaran-tahun
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Sidik, Z., & Sobandi, A. (2018). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 50. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11764
Sidqi, N., & Auliya, P. (2020). Analisis Kesiapan Guru Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Saat Covid-19. Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 137–158.
Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61–71. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.26912
Yuliana, R., Rohmadi, M., & Suhita, R. (2013). DAYA PRAGMATIK TINDAK TUTUR GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. In Sastra Indonesia dan Pengajarannya (Vol. 2, Issue 1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tri Intan Febriany, Septi Gumiandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.