Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Penyajian Data Mata Pelajaran Matematika Melalui Penggunaan Media Interaktif Canva
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i4.360Keywords:
Hasil Belajar, Matematika, Canva, Penyajian DataAbstract
Peningkatan kualitas pembelajaran di Indonesia terus menjadi prioritas pemerintah, terutama dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa yang masih rendah berdasarkan hasil PISA dan Asesmen Nasional. Salah satu inisiatif yang diambil adalah implementasi Kurikulum Merdeka, yang menekankan pada literasi numerasi dan penggunaan media pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi penyajian data melalui penggunaan media pembelajaran berbasis Canva di kelas V SD Negeri Puhgogor 01, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 15 siswa kelas V. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Canva secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Pada Siklus I, persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) meningkat dari 20% pada pra-tindakan menjadi 66,67%. Pada Siklus II, persentase ini meningkat lebih lanjut menjadi 86,67%. Refleksi dan evaluasi dari masing-masing siklus menunjukkan bahwa penggunaan Canva tidak hanya meningkatkan hasil belajar siswa, tetapi juga meningkatkan motivasi dan partisipasi mereka dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Canva efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi penyajian data, serta merekomendasikan penggunaan teknologi serupa untuk mata pelajaran lain guna mencapai peningkatan kualitas pendidikan yang lebih merata di Indonesia.
References
Andreansyah, A., Sumani, & Wulandari, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyajian Data Melalui Media Interaktif Berbasis Canva. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 869–883. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1798
Anugrah, N. I., & Deden, D. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Melalui Media Video Animasi Canva Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 6. Kompetensi, 15(1), 49–58. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i1.62
Asnawati, Y., & Sutiah, S. (2023). Pengembangan Media Vidio Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Islamic Education, 9(1), 64–72. https://doi.org/10.18860/jie.v9i1.22809
Citradevi, C. P. (2023). Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA: Seberapa Efektif? Sebuah Studi Literatur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 270–275. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.525
Furi, S. Y., & Saloko, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Aplikasi Mentimeter untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Plus Merdeka Soreang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 8342–8348. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2256
HANIFAH, N. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(2), 226–233. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i2.1339
Hasrion, Sari, M., & Gazali, N. (2020). Penelitian Tindakan Kelas: Meningkatkan kemampuan teknik dasar shooting sepakbola melalui metode bagian. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 1(1), 16–24. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(1).5119
Lahagu, A. (2024). Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Alur Merdeka Belajar Kelas IX-G SMP N 40 Semarang. 2(4), 174–190.
LS. Fitri, M. (2022). WORKSHOP PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR BERBASIS APLIKASI MATEMATIKA. 2(2).
Lusiana, B., & Maryanti, R. (2020). The Effectiveness of Learning Media Used During Online Learning. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 9(2), 81–92. https://doi.org/10.17509/boga.v9i2.38379
Martina, E. S., Gultom, R., & Nababan, D. (2022). Peningkatan Literasi Dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Program Kampus Mengajar. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(1), 146–151. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i2.143
Midianti1, M., & Zainil2, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar menggunakan Pendekatan PMRI Di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 186–196.
Nurul Audie. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.
Rahmila, R., Iriani, R., Kusasi, M., & Leny, L. (2022). Pengembangan Media Poster Melalui Aplikasi Canva Bermuatan Etnosains Pada Meteri Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(2), 188. https://doi.org/10.20527/quantum.v13i2.13079
Sohilait, D., & Asep, A. (2023). Evaluasi Program Pembelajaran Berdasarkan Metode EKOP di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Ambon. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 539–545. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1247
Sumarsono, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Penelitian Tindakan Kelas Di Kabupaten Merauke. Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyaraka, 16(2), 146–155. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/sarwahita/article/view/12424
Uspayanti, R., Sari, D. K., & Fredy, F. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SMA Negeri 2 Merauke Provinsi Papua. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(1), 107. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i1.5077
Widiansyah, A., & Fitriansyah, F. (2022). Implementasi Kampus Mengajar Melalui Program Literasi Numerasi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional …, 1–8. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/14798%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/download/14798/7819
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bintaria Nugraha, Singgih Subiyantoro, Kartika Purwitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.