Tantangan Guru ABK dalam Menemukan Passion Anak Berkebutuhan Khusus di Lingkungan Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i3.349Keywords:
Anak Berkebutuhan Khusus, Passion, Tantangan GuruAbstract
Anak berkebutuhan khusus adalah anak istimewa yang dititipkan Allah SWT kepada orang tua yang hebat. Peran orang tua disini sangat dominan dalam keberhasilan seorang anak berkebutuhan khusus, dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan baik selama di rumah. Selain pendidikan di rumah, mereka juga membutuhkan pendidikan secara formal di sekolah untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki. Mereka memerlukan pendidikan dan pelayanan khusus untuk mengembangkan potensi yang dipunya secara kemanusiaan. Disini guru memegang peranan penting selama anak tersebut berada di lingkungan sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tantangan yang dihadapi seorang guru untuk menjadikan seorang anak berkebutuhan khusus menemukan passion yang ada pada dirinya. Pendekatan yang dilakukan adalah kualitatif dengan jenis penelitian naratif inquiry. Teknik pengumpulan data menggunakan sistem observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan guru dalam menemukan passion seorang anak berkebutuhan khusus antara lain adalah. 1) Kurangnya rasa percaya diri, 2) Kurangnya sikap sabar, 3) Kesulitan dalam memahami minat anak, 4) Kesulitan dalam memberikan motivasi. Strategi guru dalam menemukan passion anak berkebutuhan khusus adalah 1) Apa yang disukai anak? 2) Apa yang membuat anak betah berlama- lama dalam suatu kegiatan? 3) Keterampilan apa yang cepat dikuasai? 4) Apa yang sering membuat anak bertanya? 5) Apa yang membuat anak duduk tenang tanpa diawasi?
References
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951
Ayuning, A., Pitaloka, P., Fakhiratunnisa, S. A., & Ningrum, T. K. (2022). KONSEP DASAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. In MASALIQ : Jurnal Pendidikan dan Sains (Vol. 2, Issue 1). https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/masaliq
Efriska Natalia, S., & Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Untan, L. (n.d.). PERANAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK MAZMUR 21 PONTIANAK SELATAN.
Kisti, M. O., & Dafit, F. (2023). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Autis. 4(2), 454–463. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.344
Mardini, S., Dasar, S., & Giwangan, N. (n.d.). MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS REGULER MELALUI MODEL PULL OUT DI SD N GIWANGAN YOGYAKARTA INCREASING INTEREST IN LEARNING CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS MODEL THROUGH REGULAR CLASS PULL OUT STATE ELEMENTARY SCHOOL OF GIWANGAN YOGYAKARTA.
Mellinia, T., & Pratiwi, S. (n.d.). Peran Guru Pendidikan Inklusi: Menghadapi Tantangan dan Menjawabnya.
Mufidah, Y., Hamdian Affandi, L., & Ermiana, I. (2021). IDENTIFIKASI TANTANGAN YANG DIHADAPI GURU DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 GEMEL DAN SEKOLAH DASAR NEGERI BATUTULIS. 1(1).
Mujiafiat, K. A., & Yoenanto, N. H. (2023). Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Pendidikan Inklusi. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(2), 1108–1116. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4918
Penelitian, J., Pengabdian, D., Masyarakat, K., Hanifah1, S., Haer2, A. B., Widuri3, S., Santoso, B., Program, M., Sarjana, S., Sosial, K., Unpad, F., Csr, P. S., Sosial, K., & Masyarakat, P. (2021). TANTANGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DALAM MENJALANI PENDIDIKAN INKLUSI DI TINGKAT SEKOLAH DASAR (Vol. 2, Issue 3).
Pritama, D. (n.d.). STUDI TENTANG UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SD NEGERI 1 PENGASIH STUDY OF TEACHER’S EFFORTS IN BOOSTING STUDENTS CONFIDENCE IN SD NEGERI 1 PENGASIH.
Ramedlon, R., Sirajuddin, S., Zulkarnain, Z., & A.Suradi, A. S. (2023). Kebijakan Tentang Jumlah Siswa dan Keefektifan dalam Proses Pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 6(1), 27–35. https://doi.org/10.31539/joeai.v6i1.5225
Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Setiabudhi No, J., & Bandung, K. (n.d.). EDUKIDS: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini. http://ejournal.upi.edu/index.php/edukid
Setiawan, H., Aji, S. M. W., & Aziz, A. (2020). 241 Tiga Tantangan Guru Masa Depan Sekolah Dasar Inklusif. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5. https://doi.org/10.28926/briliant
Shofiyyah, N. A., Nursobah, A., & Tarsono, T. (2020). PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI PADA PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR TUNAGRAHITA. Psychosophia: Journal of Psychology, Religion, and Humanity, 1(2), 120–135. https://doi.org/10.32923/psc.v1i2.1157
Siregar, H., & Pratiwi, N. (2021). Yogyakarta Hal 23-30 Korespondensi: Hotma Siregar, hotmasiregar@umsu.ac.id (Vol. 3). http://seminar.uad.ac.id/index.php/snk/
Sumbulatim Miatu Habbah, E., Nathalia Husna, E., Setiyadi, B., Jambi, U., Muara Bulian, K., & Batang Hari, K. (n.d.). STRATEGI GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA.
Tatminingsih, S. (n.d.). PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SD INKLUSIF KECAMATAN CIKEMBAR KABUPATEN SUKABUMI. In Journal Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha Jurusan Sejarah, Sosiologi dan Perpustakaan (Vol. 5).
Widodo, A., Sutisna, D., & Novitasari, S. (n.d.). IDENTIFIKASI BAKAT PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS (PDBK) DI MADRASAH INKLUSI KABUPATEN LOMBOK.
Zainal Arifin. (2020). Sosioligi Pendidikan (A. Mua’ammar, Ed.; Pertama, Vol. 145 x 205). Sahabat Pena Kita.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wahyu Dwiratnawati; Zainal Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.