Pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem-Based Learing : Meningkatkan keaktifan belajar siswa sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i3.366Keywords:
Pembelajaran Berdiferensiasi, Problem Based Learning, KeaktifanAbstract
Setiap peserta didik memiliki latar belakang yang beragam karena mereka tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang berbeda. Penelitian ini dilakukan sebagai tindakan yang bertujuan untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem-Based Learning untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus berdasarkan model Kemmis dan Taggart dengan 4 tahapan yaitu perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Mojorejo 2. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi, wawancara, serta dokumentasi. Indikator keberhasilan yang digunakan adalah tingkat keaktifan siswa yang mencapai ≥ 75%. Hasil yang diperoleh dalam penelitian yaitu rata-rata keaktifan pembelajaran pada pra-siklus adalah 36,6%, kemudian meningkat menjadi 64,4% pada siklus I, dan terus naik hingga mencapai 81,9% pada siklus II. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan persentase keaktifan belajar peserta didik dari siklus pertama hingga siklus kedua. Penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran yang inovatif.
References
Alhabsyi, M. (2021). Teori Konvergensi Dalam Prespektif Pendidikan Islam Kajian Perkembangan Kepribadian Dalam Rangka Pembangunan Sumberdaya Penegak Hukum Di Indonesia. Qaumiyyah: Jurnal Hukum Tata Negara, 1(2), 142–160. Https://Doi.Org/10.24239/Qaumiyyah.V1i2.8
Dalila, A. A., Rahmah, S., Liliawati, W., & Kaniawati, I. (2022). Effect Of Differentiated Learning In Problem Based Learning On Cognitive Learning Outcomes Of High School Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2116–2122. Https://Doi.Org/10.29303/Jppipa.V8i4.1839
Djangi, M. J., Ashilah, C., & Nasir, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 993–999.
Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar Di Sdn Lakarsantri I/472 Surabaya. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Penelitian-Pgsd/Article/View/54127, 11(8), 1–14.
Eman Nataliano Busa. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Keaktifan Peserta Didik Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 114–122. Https://Doi.Org/10.55606/Inovasi.V2i2.764
Fitria, R., & Dewi, A. F. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Sirkulasi. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 5(2), 290. Https://Doi.Org/10.55241/Spibio.V5i2.380
Fitriana, E., Nisa, A. F., & Cahyani, B. H. (2024). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Problem Based Learning Pada Materi IPAS Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5567–5580.
Ginanjar, Eggi G. Bambang Darmawan., S. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Partisipasi Belajar Peserta Didik Smk. Journal Of Mechanical Engineering Education, 6(2), 206–219.
Hidayah, I. N., & Rintayati, P. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 11(449), 18–23.
Kamal, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Mipa Sma Negeri 8 Barabai. Jurnal Pembelajaran & Pendidik, 1(1).
Kusumaningpuri Aditya, R. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Ipas Fase B Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 8(1), 199–220. Https://Doi.Org/10.26811/Didaktika.V8i1.1321
Lubis, S., & Priyadi, M. (2022). Implementation Of The Independent Learning Curriculum In Elementary School. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 12(4), 356–361. Https://Doi.Org/10.24114/Sejpgsd.V12i4.40962
Mulyawati, Y., Zulela, M., & Edwita, E. (2022). Differentiation Learning To Improve Students Potential In Elementary School. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 68–78. Https://Doi.Org/10.55215/Pedagonal.V6i1.4485
Nurhalimah, N., & Meilinda, M. (2023). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Strategi Berdiferensiasi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 563–568. Https://Doi.Org/10.51169/Ideguru.V8i3.624
Perwitasari, T. (2023). Analisis Keaktifan Belajar Peserta Didik Menggunakan Media Detective Spongebobpada Materi Avertebrata. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(4).
Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori Dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar (M Fathurrohman (Ed.)).
Rachmawati, & Anugraini, A. P. (2022). Pendampingan Belajar Bangun Geometri Dengan Perangkat Mar (Mathematic Augmented Reality). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6, 108–111.
Rosyah, D. L. A., & Darmawan. (2023). Analisis Relevansi Pembelajaran Diferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Dengan Konsep Visi Pedagogik Ki Hajar Dewantara. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Pendidikan, 3(9). Https://Doi.Org/10.17977/Um066.V3.I9.2023.5
Rovita, R. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Cooperative Learning Teknik Demonstrasi Untuk Peningkatan Keaktifan Siswa Kelas 1 Sdn Songgokerto 02 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(2), 854–874.
Sarie, F. N. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Tunas Nusantara, 4(2), 492–498. Https://Doi.Org/10.34001/Jtn.V4i2.3782
Septa, I., Laia, A., Sitorus, P., Surbakti, M., Simanullang, E. N., Tumanggor, R. M., & Silaban, B. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Lahusa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(20), 314–321. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.7242959.
Setiono, P. (2024). Jurnal Penelitian Pendidikan Profesi Guru Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. 4(2), 89–97.
Subagiya, B. (2022). Pengembangan Kurikulum Dan Teori-Teori Belajar Di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor. Idarah Tarbawiyah: Journal Of Management In Islamic Education, 3(2), 69. Https://Doi.Org/10.32832/Itjmie.V3i2.7639
Sutrisno, L. T., Hernawan, A. H., Pendidikan, U., & Kampus, I. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Salah Satu Pemecahan Masalah Masih Kurangnya Keaktifan Peserta Didik Saat Proses Pembelajaran Berlangsung. 06(01), 111–121.
Syarifuddin, S., & Nurmi, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. Jagomipa: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 35–44. Https://Doi.Org/10.53299/Jagomipa.V2i2.184
SYARQIA, L. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Menstimulasi Keterampilan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik. Universitas Lampung.
Udil, P. A. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Untuk Publikasi Pada Jurnal Iilmiah. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(1), 21–27. Https://Doi.Org/10.47747/Pengabdiankepadamasyarakat.V2i1.257
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. Https://Doi.Org/10.57008/Jjp.V2i04.301
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Happy Tias Hapsari Surtono, Singgih Subiyantoro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.