Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i2.359Keywords:
Project Based Learning (PjBL), Learning Activeness, Learning Outcomes, MathematicsAbstract
PjBL adalah pendekatan pembelajaran yang menggunakan proyek sebagai alat utama untuk mencapai kompetensi dan pengetahuan yang ditargetkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi langkah-langkah penerapan model Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Palur 02, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 5A yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, sedangkan teknik analisis data non tes bersifat deskriptif, kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan langkah-langkah model project based learning berhasil meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan keaktifan belajar siswa dari kondisi prasiklus menunjukkan 38,34 berada pada kategori kurang aktif menjadi 65,78 pada siklus I. Siklus II menunjukkan bahwa 82,08 keaktifan belajar siswa telah mencapai kategori aktif. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar matematika siswa kelas 5A SDN Palur 02 tahun ajaran 2023/2024 setelah diberikan tindakan model Project Based Learning (PjBL). Sebelum tindakan dilakukan, sebanyak 8 siswa (40%) mendapat nilai tuntas. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa (65%); pada siklus II terjadi peningkatan jumlah yang tuntas menjadi 16 (80%). Kontribusi penelitian ini memberikan bukti bahwa PjBL dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
References
Eman Nataliano Busa. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Keaktifan Peserta Didik Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 114–122. https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i2.764
Mawarini, D., Cahyadi, F., & Rahmawati, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Materi Bangun Ruang Kubus Dan Balok Kelas V. Wawasan Pendidikan, 2(2), 459–468. https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.9885
Melinda, v., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 1526–1539.
Ngongo, A. M. D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Kimia. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 16–24.
Nurlaela, E., Sutresna, Y., & Helina, N. (2023). Implementation of the Project Based Learning (PJBL) to Increase Students Learning Interest and Learning Outcomes in Biotechnology Concept. Journal of Bioterdidik: Scientific Expression Media, 1(11), 56–67.
Rachmawati, & Anugraini, A. P. (2022). Pendampingan Belajar Bangun Geometri Dengan Perangkat MAR (Mathematic Augmented Reality). JPM PAMBUDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(11), 108–111.
Rosyana, K. E., Riyadi, & Sriyanto, M. I. (2022). Analisis Keaktifan Belajar Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik Selama Masa Pandemi Covid- 19 pada Peserta Didik Kelas V SDN Joho 01 Tahun Pelajaran 2021 / 2022. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 19–24.
Sanjani, M. A. (2020). Tugas dan Peranan Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 6(1), 35–42.
Subagiya, B. (2022). Pengembangan kurikulum dan teori-teori belajar di program studi Pendidikan Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 2(3), 69–86.
Tembang, Y., Palobo, M., Hermansyah, A. K., & Prihandoko, L. A. (2019). Improving science learning outcomes in material changes in natural appearance. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1(343).
Triningsih, R., & Mawardi, M. (2020). Efektivitas Problem Based Learning Dan Project Based Learning Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sd. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 51–56. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3228
Wandini, R. R., & Banurea, O. K. (2019). Pembelajaran Matematika Untuk Calon Guru MI / SD (Issue 57). https://core.ac.uk/download/pdf/196543227.pdf
Yunitasari, I., & Hardini, A. T. A. (2021). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1700–1708.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Annissya Nuraini Rahmawati, I Made Ratih Rosanawati, Sadino
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.