Peran Mindfulness terhadap Regulasi Diri dalam Belajar
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i2.364Keywords:
Mindfulness, Regulasi Diri dalam BelajarAbstract
Regulasi diri dalam belajar adalah kemampuan siswa untuk merencanakan, mengarahkan, dan memonitori setiap perilakunya dalam belajar untuk mencapai suatu tujuan tertentu yaitu meraih prestasi belajar dengan melibatkan unsur fisik, kognitif/pikiran, emosional, dan sosial agar sesuai dengan nilai, moral, dan aturan yang berlaku dalam lingkungan masyarakat. Regulasi diri dipengaruhi oleh faktor internal yaitu mindfulness. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh mindfulness terhadap regulasi diri siswa dalam belajar. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Alat pengumpulan data dalam penelitian menggunakan skala dukungan sosial orang tua dan skala flow akademik. Responden penelitian ini berjumlah 59 siswa kelas XI di SMA X di Kota Kupang. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa mindfulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap regulasi diri dalam belajar siswa sebesar 62,6%. Hal ini menyimpulkan bahwa semakin tinggi mindfulness maka dapat meningkatkan regulasi diri siswa dalam belajar sebagai kesadaran diri siswa untuk mengatur diri untuk belajar dengan melibatkan pikiran, perasaan dan perilaku sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar dengan optimal. Kontribusi penelitian ini adalah memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai peran mindfulness dalam mendukung regulasi diri siswa, yang pada akhirnya dapat diimplementasikan dalam strategi pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar secara optimal.
References
Anselmus, Z., & Parikaes, P. (2018). Regulasi Diri Dalam Belajar Sebagai Konsekuen. 1(1), 82–95.
Dethan, M. ., & Amseke, F. . (2024). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Flow Akademik. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 27–36.
Dwita Lestari. (2020). Upaya Guru Dalam Membentuk Kemandirian. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, 1–86.
Farah, M., Suharsono, Y., Prasetyaningrum, S., Psikologi, F., & Malang, U. M. (2019). KONSEP DIRI DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR. 07(02), 171–183.
Handayani, D., Septhiani, S., Matematika, P., & Pgri, U. I. (2021). Pengarun Diri Terhadap Prestasi Beh Kecerdasan Emosional Aspek Kesadaralajar Matematika. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1352–1358.
Hasanah, U. (2020). Pengaruh Perceraian Orangtua Bagi Psikologis Anak. AGENDA: Jurnal Analisis Gender Dan Agama, 2(1), 18. https://doi.org/10.31958/agenda.v2i1.1983
Istiqomah, S. (2020). Hubungan antara mindfullness dan psychological well- being pada mahasiswa baru yang tinggal di pondok. Jurnal Empati, 8(4), 127– 132.
Magister, J., Uma, P., Pardosi, N., & Atrizka, D. (2020). Kemandirian Belajar Ditinjau dari Dukungan Sosial Orangtua pada Siswa Sekolah Menengah Atas Self Regulated Learning in Terms of Parents Social Support for Senior High School’s Students. 10(2), 97–103.
Penilaian, S., Pada, P., Belajar, H., & Salatiga, N. (2013). Economic Education Analysis Journal. 2(1), 18–23.
Sekardita, K. (2022). Hubungan Terapi Mindfulness Terhadap Regulasi Diri Remaja Dengan Masalah Mental Emosional di Klinik Talenta Center. Program Studi Kedokteran, Universitas Pembangunan Nasional Vetera.
Spiritualitas, K., Jomsign, M., Studies, M., & Volume, C. (2017). KOMPETENSI SPIRITUALITAS MAHASISWA Yuni Novitasari 1. 45–70.
Studi, P., & Keguruan, F. (2018). Hubungan Antara Mindfulness dengan Kepuasan Hidup Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. 3(3), 99–107.
Sudarmono, Apuanor, & Kurniawati, R. . (2017). Pengaruh Kesadaran Diri Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IX SMPN 9. In Skripsi.
Winata, H. (2018). Regulasi diri ( pengaturan diri ) sebagai determinan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan ( Self regulated as predictors of student achievement at vocational high school ). 3(1), 36–43. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9454
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fredericksen Victoranto Amseke, Juber S. Tung Blegur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.