Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Flow Akademik
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i1.356Keywords:
Dukungan Sosial, Flow AkademikAbstract
Flow akademik merupakan keadaan siswa untuk dapat berkonsentrasi penuh, memiliki motivasi diri dan merasa nyaman ketika melakukan tugas dalam kegiatan akademik sehingga individu dapat terlibat secara penuh dan melakukan aktivitas akademiknya secara optimal. Flow akademik di pengaruhi oleh faktor eksternal yaitu dukungan sosial dari orang tua, guru maupun teman sebaya. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Alat pengumpulan data dalam penelitian menggunakan skala dukungan sosial orang tua dan skala flow akademik. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 68 siswa kelas XI di SMA X di Kota Kupang. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dukungan sosial dari guru, orang tua dan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap flow akademik siswa sebesar 74,5. Hal ini menyimpulkan bahwa semakin tinggi peran dukungan sosial orang tua, guru dan teman sebaya yang positif maka dapat meningkatkan flow akademik siswa sebagai pengalaman secara mendalam dan menyenangkan untuk berkonsentrasi penuh dan mencurahkan perhatiannya dalam mengerjakan tugas-tugas akademiknya dengan optimal.
References
Aini. (2019a). Kajian Pustaka Dukungan Sosial dan Motivasi Belajar Siswa.
Aini, N. (2019b). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Psychological Well-Being Santri di Pesantren Mambaul Ulum Karang Anom Pamekasan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 133–140.
Amira, R. D., & Muhid, A. (2020). Self regulated learning, self-esteem, dukungan sosial dan flow akademik. Indonesian Psychological Research, 2(2), 65–74.
Amseke, F. V. Daik, M.A. & Liu, D. A. L. (2021). Dukungan sosial Orang Tua, Konsep Diri dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa di Masa Pandemi COVID 19. Ciencies: Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 5(1), 241–250.
Amseke, F. V. (2018). Pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap motivasi berprestasi. Ciencies: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 65–81.
Anriyadi, A. (2020). Pengaruh pengenalan lapangan persekolahan. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 5(1), 78–87.
Ardiyansah, A. (2019). Survei terhadap perilaku sosial siswa yang mengikuti kegiatan. Jurnal Tegnologi Dan Sistem Informasi.
Felipus, I., & Amseke, F. . (2024). Pengaruh Dukungan Sosial dan School Well-Being Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa. Al-Qalbu: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 2(1), 14–20.
Fikri, M. (2019). Hubungan Self Efficacy dan Motivasi Berprestasi dengan Flow Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi. Jurnal Kajian Agama Sosial Dan Budaya, 3(2).
Firdaus, F. R. A. (2021). Hubungan Flow Akademik dengan Self-efficacy pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Doktor Angkatan 2016 UIN Malang. Jurnal of Islami Studies, 7(20), 56–69.
Husna, N., & Rosiana, D. (2020). Hubungan Social Support dengan Flow pada Mahasiswa Fakultas Psikologi. Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 23(2), 271–287.
Ignatius, C., R. (2020). Go with the Flow: Dukungan sosial dan Flow Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 303–311.
Kristanti, E., & Sari, N. P. (2021). Motivasi Berprestasi, Dukungan Sosial Dan Flow Akademik Siswa Di Era Covid-19. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(2).
Lasiyama, M. (2022). EKONOMI DAN BISNIS: Percikan Pemikiran Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Ponorogo (Vol. 2). Penerbit NEM.
Meranti, M. (2019). Identifikasi potensi dan sumber kesejatraan sosial masyarakat. Jurnal Penelitian Ekosistem.
Prihandrijani, E. (2019). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Dukungan Sosial terhadap Flow Akademik. Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(4).
Putri, P. (2020). Bentuk dukungan sosial. Jurnal Empati, 9(5), 375–383.
Santrock, J. W. (2013). Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Salemba.
Saputro, Y. A., & Sugiarti, R. (2021). Pengaruh dukungan sosial teman sebaya dan konsep diri terhadap penyesuaian diri pada siswa SMA kelas X. Philanthropy: Journal of Psychology, 5(1), 59–72.
Tea, T., Anakaka, D.L., & Amseke, F. V. (2020). Dukungan Sosial Guru dan Self Regulated Learning Siswa. Journal of Health and Behavioral Science, 2(2), 60–79.
Yunalis, R. (2020). Pengaruh Self Efficacy dan Sosial Support Terhadap Flow Akademik Siswa SMA pada Matapelajaran Matematika yang DiModeratori oleh Motivasi Berprestasi (Tesis). Retrieved November 19, 2024, From http://scholar. google.co.id.
Yuwanto, L. (2011). The Flow inventory for student: validation of the LIS. Anima Indonesian Psychology Journal, 26(4), 280–285.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fredericksen Victoranto Amseke
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.