TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA MENJELANG UJIAN AKHIR SEMESTER

Authors

  • Annisa Prima Exacta
  • Djatmiko Hidajat

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i3.55

Abstract

Penelitianinitermasukpenelitiandeskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif yang bertujuanuntukmengetahui tingkat kecemasan mahasiswa menjelang ujian akhir semesterserta factor-faktor yang mempengaruhitingkatkecemasan.Subjek penelitian adalah  mahasiswa semester 1 program studi pendidikan matematika Universitas Veteran Bangun Nusantaratahun akademik2016/2017. Sumber data berupa hasil dari angket, observasi, danwawancara.Metode pengumpulan data dengan metode observasi, metodewawancara dan metode angket yaitu dengan angket Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS).Analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi dataBerdasarkan hasil analisis data diperoleh tingkatkecemasanmahasiswamenjelangujianakhir semester adalahtidakcemas, kecemasanringan, dankecemasansedang. Sedangkanfaktor-faktor yang mempengaruhikecemasanadalahlingkungan, keluarga, jenis kelamin dan umur.

Downloads

Published

2017-09-30

How to Cite

Exacta, A. P., & Hidajat, D. (2017). TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA MENJELANG UJIAN AKHIR SEMESTER. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 243–250. https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i3.55

Issue

Section

Articles