ANALISIS AHLI DALAM PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN IPS ONLINE BERBASIS CLASSMAKER

Authors

  • Pranowo Nardjosoeripto
  • NurratriKurnia Sari
  • Para Mitta Purbosari

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i3.58

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahuipengembanganevaluasipembelajaran IPS Online berbasisclassmakerbagi guru sekolahdasar di Subosukawonosraten.Penelitian ini menggunakan penelitianpengembangandenganpendekatankualitatif. Subyekpenelitian pengembangan ini dilakukan di Sekolah Dasar khususnyapada guru SekolahDasar di Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen, dan Klaten (Subosukawonosraten) sejumlah 2-4 guru perwakilan masing-masing ketujuh wilayah tersebut dengan total 14-28 guru SekolahDasar. Teknikanalisis data dalampenelitianinimenggunakananalisis data wawancaradananalisis data observasidariahli mediapembelajaran TIK, ahlimateri IPSdanahlievaluasipembelajaran IPS.Hasil penelitianmenunjukanbahwapengembanganevaluasipembelajaran IPS online berbasisclassmakerbagi guru sekolahdasar di Subosukawonosratenlayakuntukditerapkan. Hal initerlihatdarihasilanalisisahli media, ahlimateri, danahlievaluasipembelajaran IPS termasukkategoriBaik.

Downloads

Published

2017-09-30

How to Cite

Nardjosoeripto, P., Sari, N., & Purbosari, P. M. (2017). ANALISIS AHLI DALAM PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN IPS ONLINE BERBASIS CLASSMAKER. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 268–278. https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i3.58

Issue

Section

Articles