PENGEMBANGANEDUCATION GAME BERBASIS FLASH(EGBF) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i4.60Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan education game berbasis flash(EGBF) untuk meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa sekolah dasar.Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal Research and Development (R & D).Langkah-langkah dalam penelitian dan pengembangan menjadi tiga tahapan, yaitu; 1) tahap pendahuluan; 2) tahap pengembangan; dan 3) tahap pengujian model.Hasil akhir penelitian ini adalah validasi tim ahli menyatakan dari setiap komponen aspek penilaian sebanyak 10 butir sudah berada pada nilai dibawah 1 dan uji coba media diperoleh skor 71,5 yang berarti bahwa media EGBF layak digunakan dan terdapat peningkatan motivasibelajar menggunakan media pembelajaran yang berbentukeducation game berbasis flash(EGBF) pada siswa Sekolah Dasar Negeri Se-Gugus Tidar Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo. Hasil penelitian ini di tunjukkan dengan data kuantitatif berupa peningkatan motivasi guru mengajar IPA yang ditunjukkan dari awal pada rata-rata 50% menjadi 75% dan peningkatan motivasi siswa belajar IPA dari 7,14% menjadi 92,85%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.