PENERAPAN METODE DRILL AND PRACTICE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI SPREADSHEET

Authors

  • Saman Saman

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.77

Abstract

Tujuandari penelitian adalah untuk meningkatkan keaktifan ketrampilandan hasil belajar melalui metode Drill And Practicebagi siswa kelas Xakuntansi-1SMKMuhammadiyah 4 Sragen tahun pelajaran 2016/2017.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.Pada siklus I secara keseluruhan keaktifan, ketrampilan, hasil belajar masuk dalam kriteria baik. Pada siklus I dari hasil tes pengetahuan dan ketrampilan tingkat ketuntasan klasikal pengetahuan 71,43 ketrampilan 74,00  dan nilai rata-rata siklus I pengetahuan sebesar 78,89 ketrampilan 78,50 keaktifan siswa 70,71 keaktifan guru 75,50.hasil ini menunjukan telah terjadi peningkatan dibanding kondisi awal, namun masih belum mencapai indikator keberhasilan, karena hasil tes pengetahuan dan ketrampilan siswa masih rendah yaitu tingkat ketuntasan klasikal masih di bawah 85%.Berdasarkan hasil observasi secara keseluruhan keaktifan, ketrampilan, hasil belajar masuk dalam kriteria sangat baik. Pada siklus II dari hasil tes pengetahuan dan ketrampilan  tingkat ketuntasan klasikal pengetahuan 89,29% ketrampilan 85,71% dan nilai rata-rata siklus II pengetahuan sebesar 81,68, ketrampilan sebesar 84,11 keaktifan siswa 84,29 keaktifan guru 87,17 hasil ini menunjukan telah terjadi peningkatan dibanding rata-rata siklus I, hasil tes pengetahuan dan ketrampilan siswa meningkat yaitu tingkat ketuntasan klasikal diatas  85%. Berdasarkan hasil penelitian  dalam siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Drill and Practice dapat meningkatkan keaktifan ketrampilan dan hasil belajar komputer akuntansi spreadsheet  bagi siswa kelas X akuntansiSMK Muhammadiyah 4 Sragen tahun pelajaran 2016/2017.

Downloads

Published

2018-03-30

How to Cite

Saman, S. (2018). PENERAPAN METODE DRILL AND PRACTICE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI SPREADSHEET. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 43–50. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.77

Issue

Section

Articles