PENERAPAN METODE DRILL AND PRACTICE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI SPREADSHEET
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.77Abstract
Tujuandari penelitian adalah untuk meningkatkan keaktifan ketrampilandan hasil belajar melalui metode Drill And Practicebagi siswa kelas Xakuntansi-1SMKMuhammadiyah 4 Sragen tahun pelajaran 2016/2017.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.Pada siklus I secara keseluruhan keaktifan, ketrampilan, hasil belajar masuk dalam kriteria baik. Pada siklus I dari hasil tes pengetahuan dan ketrampilan tingkat ketuntasan klasikal pengetahuan 71,43 ketrampilan 74,00 dan nilai rata-rata siklus I pengetahuan sebesar 78,89 ketrampilan 78,50 keaktifan siswa 70,71 keaktifan guru 75,50.hasil ini menunjukan telah terjadi peningkatan dibanding kondisi awal, namun masih belum mencapai indikator keberhasilan, karena hasil tes pengetahuan dan ketrampilan siswa masih rendah yaitu tingkat ketuntasan klasikal masih di bawah 85%.Berdasarkan hasil observasi secara keseluruhan keaktifan, ketrampilan, hasil belajar masuk dalam kriteria sangat baik. Pada siklus II dari hasil tes pengetahuan dan ketrampilan tingkat ketuntasan klasikal pengetahuan 89,29% ketrampilan 85,71% dan nilai rata-rata siklus II pengetahuan sebesar 81,68, ketrampilan sebesar 84,11 keaktifan siswa 84,29 keaktifan guru 87,17 hasil ini menunjukan telah terjadi peningkatan dibanding rata-rata siklus I, hasil tes pengetahuan dan ketrampilan siswa meningkat yaitu tingkat ketuntasan klasikal diatas 85%. Berdasarkan hasil penelitian dalam siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Drill and Practice dapat meningkatkan keaktifan ketrampilan dan hasil belajar komputer akuntansi spreadsheet bagi siswa kelas X akuntansiSMK Muhammadiyah 4 Sragen tahun pelajaran 2016/2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.