MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MYOB ACCOUNTING MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i3.8Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar MYOB Accounting melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW bagi siswa kelas XII Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah 4 Sragen pada semester V tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada Siklus I siswa hanya diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW secara klasikal, sementara pada Siklus II diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW secara kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4 sampai 6 siswa. Capaian dari penelitian ini diantaranya peningkatan persentase hasil belajar siswa, dari 65% pada Pra Siklus, menjadi 78,6% pada akhir Siklus I, dan menjadi 88,5% pada akhir Siklus II. Peningkatan lainnya terjadi pada keaktifan siswa dan keaktifan guru. Persentase keaktifan siswa mengalami peningkatan dari 77% pada Pra Siklus, menjadi 89% pada Siklus I, dan menjadi 90% pada akhir Siklus II. Sementara keaktifan guru meningkat dari 70% pada Pra Siklus, menjadi 75% pada Siklus I, dan menjadi 87% pada akhir Siklus II. Peningkatan ini tentu dikarenakan adanya perbaikan-perbaikan selama proses pembelajaran oleh guru dan kolaborator selama dua Siklus. Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran tipe JIGSAW secara tepat mampu meningkatkan hasil belajar Myob Accounting.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.