PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MITIGASI BENCANA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.79Abstract
Pembelajaran Materi Mitigasi Bencana perlu diberikan kepada mahasiswa calon-calon guru, sehingga para mahasiswa memiliki pemahaman arti pentingnya Mitigasi bencana karena Indonesia masuk dalam Cincin Api Pasifik atau yang sering kita dengar dengan sebutan Ring of fire. Tujuan penelitian ini untuk menganalisispemahaman konsep mitigasi bencana peserta didik mahasiswa sebelum maupun sesudah pembelajaran dengan menggunakan media Audio Visual Video dan memperkenalkan penggunaan media pembelajaran Audio Visual Video kepada mahasiswa tingkat awal.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 & 3pendidikan Geografi pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 dengan pesertal sebanyak 24 mahasiswa.Teknik pengumpulan data menggunakan test, lembar kerja siswa dan angket.Teknik analisis data menggunakan statistik uji normalitas, homogenitas dan uji T dengan bantuan SPSS statistic 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan hasil belajar pemahaman konsep mitigasi bencana pada mahasiswadengan menggunakan Audio Visual Video sebelum dan sesudah perlakuan, 2) Tanggapan peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan video sangat baik
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.