PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MITIGASI BENCANA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI

Authors

  • Muh Husyain Rifai

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.79

Abstract

Pembelajaran Materi Mitigasi Bencana perlu diberikan kepada mahasiswa calon-calon guru, sehingga para mahasiswa memiliki pemahaman arti pentingnya Mitigasi bencana karena Indonesia masuk dalam Cincin Api Pasifik atau yang sering kita dengar dengan sebutan Ring of fire. Tujuan penelitian ini untuk menganalisispemahaman konsep mitigasi bencana peserta didik mahasiswa sebelum maupun sesudah pembelajaran dengan menggunakan media Audio Visual Video dan memperkenalkan penggunaan media pembelajaran Audio Visual Video kepada mahasiswa tingkat awal.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 & 3pendidikan Geografi pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 dengan pesertal sebanyak 24 mahasiswa.Teknik pengumpulan data menggunakan test, lembar kerja siswa dan angket.Teknik analisis data menggunakan statistik uji normalitas, homogenitas dan uji T dengan bantuan SPSS statistic 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan hasil belajar pemahaman konsep mitigasi bencana pada mahasiswadengan menggunakan Audio Visual Video sebelum dan sesudah perlakuan, 2) Tanggapan peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan video sangat baik

Downloads

Published

2018-03-30

How to Cite

Rifai, M. H. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MITIGASI BENCANA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 62–69. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.79

Issue

Section

Articles