MENGENAL GENERASI MILINEAL GUNA KESIAPAN TENAGA PENDIDIK DAN DOSEN DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i2.93Abstract
Tulisan ini berisi tentang generasi millenial yang tengah tumbuh menjadi dewasa pada tahun 2018 yang memilikikarakteritik berbeda dari generasi lainnya. Seorang pendidik maupun dosen yang mengajar di perguruan tinggi harus mengetahui karakter dan kebiasaan yang melekat pada generasi ini yang saat ini menjadi mahasiswa. Generasi milienal adalah suatu kelompok demografi setelah Generasi X yang lahir pada awal 1980-an dan pertengahan tahun 1990-an dan berakhir pada tahun 2000-an. Milenial kadang-kadang disebut sebagai "Echo Boomers" karena adanya 'booming' (peningkatan besar) tingkat kelahiran di tahun 1980-an dan 1990-an. Generasi ini memiliki karakter; (1) User Generated Content (UGC)lebih dipercaya oleh kaum millennials ketimbang informasi satu arah, (2)Memiliki akun sosial media sebagai alat komunikasi dan pusat informasi; (3) Minat membaca secara konvensional kini sudah menurun karena lebih memilih membaca lewat smartphone;dan (4) Memilih ponsel daripada televisi, sebab menonton acara televisi bukan lagi menjadi sebagai hiburan karena apapun bisa mereka temukan di smartphone.Dalam menghadapi generasi ini, kita di tuntut untuk mampu dalam penguasaan ilmu dan teknologi yang senantiasa mengikuti kemajuan zaman.Kurikulum pembelajaran juga diselaraskan dengan permintaan dunia kerja yang menuntut kemampuan psikomotor dan tidak lagi mendasarkan pada aspek kognitif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.