KONSELING ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i4.90Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat self-efficacy siswa Kelas XI MA Muhammadiyah Bekonang Sukoharjo dan efektifitas konseling Islami untuk meningkatkan self-efficacy siswa kelas XI MA Muhammadiyah Bekonang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Alat pengumpul dat apada penelitian ini yaitu skala psikologi. Pada penelitian ini awalnya peneliti menggunakan pretest terlebih dahulu baru diberikan treatment atau konseling Islami setelah itu baru lah posttest. Hasil penelitian terdapat 7 item skala self-efficacy yang tidak valid. Kemudian peneliti mengambil 3 siswa dengan skor self-efficacy terendah untuk diadakan treatmen atau konseling selama 2 kali pertemuan dengan pendekatan konseling Islami. Setelah itu dari ketiga siswa tersebut diberikan posttest dan hasilnya menunjukkan ada peningkatan sebesar 20 poin dari sebelum treatment. Sehingga dapatdisimpulkan tingkat self-efficacy siswa kelas XI adalah sedang dengan skor rerata 79.75, dan konseling Islami efektif untuk meningkatkan self-efficacy siswa kelas XI MA Muhammadiyah Bekonang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.