KONSELING ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS XI

Authors

  • Aldila Fitri Radite Nur Maynawati Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i4.90

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat self-efficacy siswa Kelas XI  MA Muhammadiyah Bekonang Sukoharjo dan efektifitas konseling Islami untuk meningkatkan self-efficacy  siswa kelas XI MA Muhammadiyah Bekonang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Alat pengumpul dat apada penelitian ini yaitu skala psikologi. Pada penelitian ini awalnya peneliti menggunakan pretest terlebih dahulu baru diberikan treatment atau konseling Islami setelah itu baru lah posttest. Hasil penelitian terdapat 7 item skala self-efficacy yang tidak valid. Kemudian peneliti mengambil 3 siswa dengan skor self-efficacy terendah untuk diadakan treatmen atau konseling selama 2 kali pertemuan dengan pendekatan konseling Islami. Setelah itu dari ketiga siswa tersebut diberikan posttest dan hasilnya menunjukkan ada peningkatan sebesar 20 poin dari sebelum treatment. Sehingga dapatdisimpulkan  tingkat self-efficacy siswa kelas XI adalah sedang dengan skor rerata 79.75, dan konseling Islami efektif untuk meningkatkan self-efficacy siswa kelas XI MA Muhammadiyah Bekonang.

Downloads

Published

2018-12-30

How to Cite

Maynawati, A. F. R. N. (2018). KONSELING ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS XI. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(4), 394–401. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i4.90

Issue

Section

Articles