Studi Komparasi Metode Student Teams Achievement Divisions dan Metode Jigsaw terhadap Prestasi Belajar

Authors

  • Selvinus Lando Panyule
  • Siti Suprihatiningsih
  • Rizki Nurhana Friantini

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i1.143

Keywords:

STAD, JOGSAW, Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika tentang metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Jigsaw terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi pokok soal persamaan garis dan sudut kelas VII SMP Negeri 3 Sengah Temila pada akademik 2017/2018 kabupaten landak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif studi penelitian komparatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Sengah Temila pada 13 Maret - 22 Maret 2018. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIB SMP Negeri 3 Sengah Temila yang terdiri dari 57 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) lebih baik daripada Jigsaw. Berdasarkan nilai rata-rata kelas VIIA menggunakan Metode STAD 80,55 dan kelas VIIB menggunakan model pembelajaran Jigsaw 75,71. Pengujian hipotesis terhadap hasil uji-t diperoleh thitung = 2,153 sedangkan ttabel = 2,004. Ini menunjukkan t hitung> t tabel atau 2,153> 2,004. H0 ditolak yang berarti bahwa ada perbedaan antara penggunaan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Jigsaw pada prestasi belajar matematika siswa pada garis subjek dan sudut kelas VII di SMP Negeri 3 Sengah Temila 2017/2018 tahun ajaran Kabupaten Landak

Published

2019-03-30

How to Cite

Panyule, S. L., Suprihatiningsih, S., & Friantini, R. N. (2019). Studi Komparasi Metode Student Teams Achievement Divisions dan Metode Jigsaw terhadap Prestasi Belajar. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 33–40. https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i1.143

Issue

Section

Articles