Penguatan Pendidikan Karakter melalui Ekstrakulikuler Hizbul Wathan dan Implikasinya terhadap Ketahanan Pribadi Siswa

Authors

  • Muhammad Arif Al Fikri Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i1.145

Keywords:

Pendidikan Karakter, Ekstrakulikuker KeHIZBUL WATHANan, Ketahanan Pribadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui penguatan pendidikan karakter melalui ekstrakulikuler Hizbul Wathan dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, penyajian dokumentasi. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber. Analisis data secara kualitatif melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai: (1) Kegiatan ekstrakulikuler Hizbul Wathan berperan dalam penguatan pendidikan karakter pada siswa. Penguatan Pendidikan Karakter tersebut dilakukan dalam kegiatan kehizbulwathanan yang bertujuan untuk penanaman sikap disiplin, jujur, tanggung jawab, keberanian untuk tampil dan tangkas, serta penanaman konsep kekeluargaan dan juga penanaman sikap yang Islami. (2) Penguatan pendidikan karakter melalui ekstrakulikuler hizbul wathan berimplikasi dalam mewujudkan ketahanan pribadi siswa. Hal tersebut dapat terlihat karena siswa telah meraih ciri individu yang memiliki ketahanan pribadi yaitu memiliki rasa percaya diri dan berpegang pada prinsip, bebas dari rasa ketergantungan, tetapi mendambakan kebersamaan, memiliki jiwa dinamis, kreatif dan pantang menyerah.

Downloads

Published

2019-03-30

How to Cite

Fikri, M. A. A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Ekstrakulikuler Hizbul Wathan dan Implikasinya terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 52–62. https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i1.145

Issue

Section

Articles