Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Dengan Menggunakan Model Context, Input, Process, And Product (CIPP) Pada Kompetensi Keahlian Broadcasting Kelas XI di SMK Veteran 1 Sukoharjo

Authors

  • Wandha Prayuda Murti Universitas Veteran Bantara Nusantara Sukoharjo
  • Singgih Subiyantoro Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
  • Syifa Fauziyah Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
  • Ismail Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i3.370

Keywords:

CIPP, prakerin, smk

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program praktik kerja industri SMK Veteran 1 Sukoharjo dan hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai umpan balik bagi SMK untuk mengevaluasi dan memperbarui kurikulum agar lebih sesuai dengan kebutuhan industri atau dunia kerja serta memperkuat hubungan antara SMK dan dunia industri guna membuka peluang untuk kerjasama.

Metode penelitian menggunakan metode penelitian context, input, process and product (CIPP). Parameter yang diukur meliputi context (tujuan program prakerin, sasaran program prakerin, relevansi program prakerin, dan sistem pengelolaan program prakerin), input (penyiapan sebelum pelaksanaan prakerin), process (peran peserta didik, peran pembimbing industri, peran guru pembimbing, serta hambatan selama prakerin),  and product (pengembangan personalitas peserta didik, pengembangan keterampilan peserta didik, kesiapan peserta didik, pengalaman inovatif peserta didik,serta kepuasan peserta didik). Waktu penelitian dari maret – agustus 2024, berlokasi di SMK Veteran 1 Sukoharjo. Pengumpulan data dengan metode observasi, portofolio, dan wawancara dengan jumlah subjek penelitian 16 peserta.

Melalui penelitian evaluasi menggunakan metode CIPP ditemukan bahwa keterlaksanaan program prakerin di SMK Veteran 1 Sukoharjo pada tahun ajaran 2023/2024 sudah baik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketrampilan teknis (hard skill) dan ketrampilan non-teknis (soft skils) setelah melaksanakan prakerin

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Wandha Prayuda Murti, Subiyantoro, S. ., Fauziyah, S. ., & Ismail. (2024). Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Dengan Menggunakan Model Context, Input, Process, And Product (CIPP) Pada Kompetensi Keahlian Broadcasting Kelas XI di SMK Veteran 1 Sukoharjo. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(3), 109–118. https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i3.370

Issue

Section

Articles