Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Dengan Menggunakan Model Context, Input, Process, And Product (CIPP) Pada Kompetensi Keahlian Broadcasting Kelas XI di SMK Veteran 1 Sukoharjo
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i3.370Keywords:
CIPP, prakerin, smkAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program praktik kerja industri SMK Veteran 1 Sukoharjo dan hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai umpan balik bagi SMK untuk mengevaluasi dan memperbarui kurikulum agar lebih sesuai dengan kebutuhan industri atau dunia kerja serta memperkuat hubungan antara SMK dan dunia industri guna membuka peluang untuk kerjasama.
Metode penelitian menggunakan metode penelitian context, input, process and product (CIPP). Parameter yang diukur meliputi context (tujuan program prakerin, sasaran program prakerin, relevansi program prakerin, dan sistem pengelolaan program prakerin), input (penyiapan sebelum pelaksanaan prakerin), process (peran peserta didik, peran pembimbing industri, peran guru pembimbing, serta hambatan selama prakerin), and product (pengembangan personalitas peserta didik, pengembangan keterampilan peserta didik, kesiapan peserta didik, pengalaman inovatif peserta didik,serta kepuasan peserta didik). Waktu penelitian dari maret – agustus 2024, berlokasi di SMK Veteran 1 Sukoharjo. Pengumpulan data dengan metode observasi, portofolio, dan wawancara dengan jumlah subjek penelitian 16 peserta.
Melalui penelitian evaluasi menggunakan metode CIPP ditemukan bahwa keterlaksanaan program prakerin di SMK Veteran 1 Sukoharjo pada tahun ajaran 2023/2024 sudah baik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketrampilan teknis (hard skill) dan ketrampilan non-teknis (soft skils) setelah melaksanakan prakerin
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wandha Prayuda Murti, Singgih Subiyantoro, Syifa Fauziyah, Ismail

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.