Analisis Dampak Implementasi Program Wirausaha Merdeka terhadap Pengembangan Keterampilan dan Kemandirian Mahasiswa: Studi Kasus di Kampus Swasta
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i4.367Keywords:
Wirausaha Merdeka, Program Kampus Merdeka, Merdeka BelajarAbstract
Program Wirausaha Merdeka dirancang untuk mendorong pengembangan keterampilan kewirausahaan mahasiswa, namun efektivitasnya dalam menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan jiwa kewirausahaan belum banyak diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak implementasi kebijakan program Wirausaha Merdeka terhadap pengembangan keterampilan, pengetahuan, dan kontribusinya dalam penciptaan lapangan kerja baru di kalangan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek mahasiswa yang mengikuti program pada tahun 2023. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Wirausaha Merdeka berhasil membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan kewirausahaan yang dibutuhkan untuk memulai usaha sendiri. Selain itu, program ini memberikan pengalaman praktis yang berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja baru. Program ini terbukti efektif dalam mengembangkan potensi kewirausahaan mahasiswa, meskipun tantangan seperti kebutuhan modal dan keberanian untuk mengambil risiko tetap ada. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai efektivitas program Wirausaha Merdeka dalam membentuk wirausahawan baru dan kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi, yang dapat dijadikan dasar untuk pengembangan kebijakan lebih lanjut.
References
REFERENSI
Aini, Z., Puspita, D., Agustina, Mirnawati, & Rahman, A. (2024). Evaluasi Pelaksanaan Program Wirausaha Merdeka Politeknik Kutaraja Tahun 2023. Jurnal EMT KITA, 8(2), 659–665.( https://doi.org/10.35870/emt.v8i2.2369, diakses 11 Juni 2024)
Akhmad, K. A. (2021). Peran Pendidikan Kewirausahaan Untuk Mengatasi Kemiskinan. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(6), 173–181.
Bhakti, Y. B., Simorangkir, M. R. R., Tjalla, A., & Sutisna, A. (2022). Kendala Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Di Perguruan Tinggi. Research and Development Journal of Education, 8(2), 783. (https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12865, diakses 8 Juni 2024)
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023). Buku Panduan Program Wirausaha Merdeka.
https://wirausahamerdeka.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/info/?page_id=188.(diakses 15 Mei 2024)
Hasan, H. A. (2020). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep, Karakteristik Dan Implikasi Dalam Memandirikan Generasi Muda. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 99–111.
Iskandar, K. A., & Safrianto, A. S. (2020). Pengaruh Keterampilan Wirausaha Dan Pengalaman Usaha Terhadap Keberhasilan Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Dan Industri, 21(01), 15–20.
Margahana, H. (2020). Urgensi Pendidikan Entrepreneurship Dalam Membentuk Karakter Entrepreneur Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 176–183.
Nuraeni, Y. A. (2022). Peran Pendidikan Dalam Pembentukan Jiwa Wirausaha: Pendidikan Kewirausahaan. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 1(2), 28–53.
Rachmawati, H., & Subroto, W. T. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 10(01), 56–67. (https://doi.org/10.3360/ejpe.v10i1.6236, diakses 26 Mei 2024)
Rahim, A. R., & Basir, B. (2019). Peran Kewirausahaan Dalam Membangun Ketahanan Ekonomi Bangsa. Economic Resources, 2(1), 34–39.
Setyobakti, M. H., Cahyaningati, R., & Ermawati, E. (2022). Model Pembelajaran Program Wirausaha Merdeka Terhadap Minat Wirausaha Mahasiswa. Progress Conference, 5(2), 306. (http://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress, diakses 13 Mei 2024)
Siregar, P. P., Julmasita, R., Ananda, S., & Nurbaiti, N. (2023). Pentingnya Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(1), 43–50. (https://doi.org/10.46963/asatiza.v4i1.805, diakses 22 Mei 2024)
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, Dan Konstruktif. Bandung: Afabeta.
Yuliah, E. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Media Hukum Dan Pendidikan, 30(02), 129–153.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dea Destrivo, Madyo Ekosusilo, Syifa Fauziyah, Ismail
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.