COOPERATIVE LEARNING: LANDASAN PSIKOLOGIS , KONSEP, KARAKTERISTIK, MANFAAT DAN RISIKO PENGGUNAANYA
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i2.94Abstract
Pembelajaran kooperatif telah digunakan di Amerika sejak tahun 1990an. Sekitar 93% sampel guru di Amerika melaporkan bahwa mereka menggunakan pembelajaran kooperatif, dengan 81% menggunakan secara rutin. Pembelajaran kooperatif sedikit berbeda dengan konsep pembelajaran kolaboratif. Pembelajaran kooperatif sebagai proses interaksi mutual untuk mencapai tujuan spesifik atau mengembangkan produk akhir. Sedangkan pembelajaran kolaboratif menekankan pada interasksi social dan tanggung jawab bersama. Dalam pembelajaran kooperatif siswa dapat memaksimalkan pembelajaran mereka masing-masing saat mereka bekerja sama (Johnson, Johnson, & Smith, 2006). Hingga saat ini pembelajaran kooperatif masih sangat relevan dengan kondisi pembelajaran saat ini, khususnya di Indonesia. Oleh karena itu, pada artikel ini akan di bahas lebih lanjut mengenai landasan, konsep, karakteristik dan aplikasi dari pembelajaran kooperatif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.