PENGEMBANGAN APLIKASI TEMBANG DOLANAN JOWO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i2.97Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Aplikasi Tembang Dolanan Jowo yang layak digunakan. Serta untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa Sekolah Dasar dalam pembelajaran tembang dolanan Jowo. Metode penelitian yang dilaksanakan mengacu pada penelitian dan pengembangan (Research and Development/ RnD). Prosedur penelitian dan pengembangan ini menggunakan ADDIE yaitu Analisis, menganalisis kebutuhan, materi dan peserta didik. Design, membuat rancangan media berupa flowchart dan storyboard.Development, mengembangkan aplikasi sesuai dengan flowchart dan storyboard. Implementasi, uji cobaproduk oleh ahli media dan ahli materi, serta uji coba pengguna oleh siswa dan guru. Evaluasi,dilakukan uji oba lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Tarbiyyatul Manang, Grogol, Sukoharjo. Data diambil menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan aplikasi tembang dolanan Jowo sebagai media pembelajaran layak digunakan, dan mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa Sekolah Dasar tentang tembang dolanan Jowo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.