PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PROSES STUDENT CENTERED LEARNING MATA KULIAH TEORI ORGANISASI

Authors

  • Astadi Pangarso

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v1i2.113

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mewujudkan proses Student Centered Learning
mahasiswa untuk mata kuliah TO kelas C semester genap tahun ajaran 2015-2016 dengan menggunakan metode
quantum learning. Metode quantum learning menggunakan gabungan antara tugas diskusi kelompok dengan
posisi duduk yang diatur melingkar dan adanya music yang mengiringi. Jawaban dari rumusan masalah adalah
metode quantum learning cukup berperan dalam pelaksanaan student centered learning,meskipun masih perlu
perbaikan untuk beberapa variabel khususnya prioritas lebih dahulu kepada variabel 2 (kesiapan mahasiswa
sebelum mengikuti perkuliahan) & 5 (kemampuan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan). Pelaksanaan
student centered learning dapat dilihat dari rata‖ nilai kuis dalam kisaran nilai 70 serta terdapat peningkatan
nilai UTS ke UAS yang cukup besar (dari 54 ke 86).

Downloads

Published

2019-03-30

How to Cite

Pangarso, A. (2019). PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PROSES STUDENT CENTERED LEARNING MATA KULIAH TEORI ORGANISASI. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 51–63. https://doi.org/10.32585/edudikara.v1i2.113

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.