PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PROSES STUDENT CENTERED LEARNING MATA KULIAH TEORI ORGANISASI
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v1i2.113Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mewujudkan proses Student Centered Learning
mahasiswa untuk mata kuliah TO kelas C semester genap tahun ajaran 2015-2016 dengan menggunakan metode
quantum learning. Metode quantum learning menggunakan gabungan antara tugas diskusi kelompok dengan
posisi duduk yang diatur melingkar dan adanya music yang mengiringi. Jawaban dari rumusan masalah adalah
metode quantum learning cukup berperan dalam pelaksanaan student centered learning,meskipun masih perlu
perbaikan untuk beberapa variabel khususnya prioritas lebih dahulu kepada variabel 2 (kesiapan mahasiswa
sebelum mengikuti perkuliahan) & 5 (kemampuan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan). Pelaksanaan
student centered learning dapat dilihat dari rata‖ nilai kuis dalam kisaran nilai 70 serta terdapat peningkatan
nilai UTS ke UAS yang cukup besar (dari 54 ke 86).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.